7 Rekomendasi Tempat Wisata Alam di NTT Paling Mempesona

Wisata di NTT sungguh tak terhitung karena pulaunya begitu indah. Tak bisa disangkal jika Nusa Tenggara Barat (NTT) punya sejuta pesona yang tidak ternilai dan pastinya akan membuat kamu binggung untuk menjelajah keindahan dari sudut sebelah mana, berikut ini kami akan memaparkan tentang rekomendasi tempat wisata alam terbaik yang mmebuat kamu terpesona hingga tak mau pulang dari pulau NTT. Simak ulasanya berikut ini!

Wisata Private di Pantai Nihiwatu NTT

Jangan ngaku kalau kamu peselancar tapi belum tahu pantai kece ini. Pantai ini punya julukan lain selain Nihiwatu loh. God’s Left merupakan julukan yang diberikan untuk tempat ini oleh para peselancar. Betul, peselancar. Karena tempat ini merupakan rumah bagi peselancar baik dalam negeri maupun mancanegara.

Ada beberapa point yang membuat pantai ini akan membuatmu terpesona dan enggan untuk pulang. Pertama, saat kamu datang kesana kamu akan takjub oleh pemandangan pantai yang bisa diadu dengan Hanalei Bay, Hawaii.

Kedua, pantai ini merupakan salah satu pantai yang memang dikhususkan untuk bermain selancar dengan menyenangkan selayaknya peselancar kelas dunia. Hal tersebut sangat didukung oleh ombak yang ganas.

Ketiga, fasilitas berkelas internasional. Jangan terkejut ketika ingin kesini kamu harus menyewa resort. Jadi jangan lupa menabung uang yang kamu bayar untuk liburan disini juga akan disalurkan untuk masyarakat setempat loh.

Berlokasi di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), berada 30 km dari Kota Waikabubak. Meskipun menempuh perjalan yang cukup jauh namun semua lelah yang kamu rasakan selama perjalanan akan terobati ketika sampai ke tempat ini.

Wisata Pantai Pink Labuan Bajo di NTT

Tempat ini berlokasi di Pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur. Untuk sampai kesana pengunjung harus naik beberapa moda transportasi, karena keberadaan pantai ini berada di pulau yang dikelilingi oleh pantai-pantai.

Cara termudah yang bisa diakses yaitu melalui Bali. Menggunakan Pesawat dengan tujuan Bandar Udara Labuan Bajo. Ketika sampai Bandar Udara, selanjutnya harus ditempuh dengan speed boat atau kapal. Jika tidak ingin cara lain bisa dengan trekking yang akan memakan waktu sekitar 4 jam dengan melewati tebing-tebing karang dan hutan bakau.

Perjalan panjangmu akan terobati dengan keindahan pantai ini, nama Pantai Pink berasal dari pasir pantai yang berwarna pink, itu sebabnya pantai ini dikenal dengan nama “Pink Beach”. Warna pink adalah berasal dari hewan berukuran mikroskopis bernama Foraminifera yang kemudian memberikan pigmen merah pada koral. Koral-koral tersebut terbawa oleh gelombang menuju pesisir lalu hancur menjadi serpihan dan butiran yang kini menjadi pasir pantai.

Warna pink ini, uniknya bisa kamu lihat di sepanjang garis pantai pulau komodo. Selain dimanjakan dengan warna pantai yang unik kamu juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan snorkeling. Wisata bawah laut akan semakin membuatmu betah dan tak ingin pulang, matamu akan menyaksikan pesona bahari laut cantik indonesia yang beragam. Mulai dari koral dan spesies ikannya.

Air Terjun Kolam Jodoh Lewa Tidahu

Wisata alam yang satu ini merupakan salah satu wisata air terjun terbaik di Sumba. Berlokasi di Umamanu, Lewa Tidahu, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Lokasi yang sangat mudah untuk dijangkau meskipun tetap harus memakan waktu yang cukup lama untuk mencapai ke air terjunnya.

Di lokasi ini kamu akan dimanjakan oleh suasana yang sangat asri karena air yang mengalir sangat jernih dan segar.Air terjun yang bertingkat-tingkat seperti tangga dengan ukuran yang bervariasi mulai dari satu meter hingga dua meter, sangat memanjakan mata.

Kamu akan semakin terpesona dengan tempat ini, ketika tahu jika air terjun paling atas memiliki kolam air yang cukup luas. Karena air terjun disni bertingkat-tingkat yang menyebabkan suara gemericik air terjun yang sangat damai dan tenang untuk didengar.

Selain itu tempat ini juga punya flora yang unik yang disebut dengan bunga tengkorak, disebut demikian karena bunga-bunga yang sering ditemui disana sekilas akan terlihat seperti tengkorak.

Fatumnasi di NTT

Unik bukan nama lokasinya?. Lokasi ini merupakan salah satu surga tersembunyi dari timur Indonesia. Berbagai pemandangan alam yang mempesona bisa kamu lihat disini. Keindahan alam yang meliputi sabana, kuda liar yang sedang berlarian, hutan bonsai, Benteng Dua Puteri, Gunung Mutis, Danau Nefo Kaenka dan banyak hal lain yang pastinya harus kamu eksplor lagi.

Saat memasuki kawasan ini jangan kaget ketika disuguhi oleh panorama alam yang sangat mempesona, kabut tebal, udara dingin dan sejuk. Tidak perlu bingung karena banyak spot di lokasi wisata ini, karena tempat ini memang ditujukan untuk wisata alam eksotis, destinasi wisata budaya hingga wisata edukasi.

Wisata ini berada di Kecamatan Fatumnasi, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Pulau Timor, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Wajib banget untuk kamu kunjungi, ketika melancong mencari suasana alam yang asri dan juga wisata tak terlupakan.

Wisata Pantai Mandorak di NTT

Wisata ini berlokasi di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya. Dengan pasir putih yang berkilau seperti mutiara, kamu akan dibuat betah dan tak ingin pergi dari tempat ini.Meskipun lokasinya agak masuk ke dalam desa sehingga berjarak cukup jauh namun para pelancong tetap senang ke sana karena tempat ini dikelilingi oleh perkebunan serta padang ilalang yang sangat memukau.

Saat tiba di Pantai Mandorak, kamu akan disambut dengan dua batu karang besar yang saling berhadapan. Seperti gambar diatas, terdapat rongga yang tepat berada di bawah dua batu karang tersebut yang menjadi akses air laut menuju pantai. Dengan karakter gelombang kuat khas pantai pesisir selatan Sumba, pantai ini pun menjadi salah satu tujuan berselancar favorit peselancar profesional.

Selain berselancar aktivitas yang biasa dilakukan di pantai ini untuk kamu yang takut akan ombak yang besar. Kamu bisa coba permainan seperti, voli pantai, fotografi, atau berlari di sepanjang garis pantai yang cukup panjang.

Wisata Desa Wae Rebo di NTT

Tujuan wisata kali ini ngga bisa kamu lewatkan begitu aja loh. Keindahannya sudah diakui oleh dunia, pastinya akan membuat pengalaman yang tidak akan pernah dilupakan. Pesona dari eksotisnya desa ini sudah menyabet predikat Top Award Of Excellences UNESCO pada acara Asia Pacific Heritage Award pada tahun 2012.

Desa dengan julukan desa diatas awan ini adalah surga dunia yang terpencil dan misterius di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Terletak diatas ketinggian 1.200m diatas permukan laut dengan 7 rumah adat berbentuk kerucut yang disebut dengan Mbaru Niang.

Perjalan wisata tidak terlupakan mu disana harus kamu tempuh dengan trekking sekitar 2 jam perjalan dengan trek tanah dan jalanan yang menanjak. Untuk sampai ke lokasi kamu harus melewati tiga pos dan di pos terakhir, untuk para pengunjung harus melalui tradisi dan aturan yang sudah ada di desa ini.

Salah satu yang harus kamu lakukan adalah membunyikan sebuah alat tradisional terbuat dari bambu bernama Pepak. Sebagai simbol bahwa ada tamu yang datang di desa ini. Intinya tempat ini harus kamu kunjungi meskipun sekali seumur hidup, karena desanya keren abis.

Telaga Nirwana

Wisata air kali ini merupakan sebuah telaga yang suguhkan perairan menakjubkan. Memiliki warna kehijauan yang menyejukan dan kerap kali disebut sebagai “Si Cantik di Pulau Rote”. Bukan hanya itu, berbeda dengan telaga pada umumnya, di telaga ini kamu akan melihat hamparan pasir putih di tepiannya.

Berada di daerah Dusun Kotalai, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, NTT. Kecantikan di telaga ini tidak tanggung-tanggung, kamu juga bisa melihat batu berbentuk hati di tengah telaga yang merupakan hasil dari proses ilmiah. Dimana spot ini merupakan incaran pengunjung untuk mengabadikan momen berlibur mereka di telaga ini.

Destinasi ini cocok bagi pengunjung yang hobi berenang, . Selain perairan di sekitarnya begitu tenang, permukaannya juga terlihat sangat jernih. Saking jernihnya, kalian bahkan bisa langsung melihat sampai ke dasarnya. Tidak diragukan jika pantai ini pantas disebut sebagai nirwana karena panorama yang disuguhkan di sekitar telaga sangat memikat hati dan memanjakan mata, seperti sedang di surga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top