10 Rekomendasi Wisata Terbaik di Kalimantan Timur

Destinasi Wisata Kalimantan Timur – Tertarik mencoba destinasi wisata di luar Pulau Jawa? Cobalah untuk berkunjung ke Pulau Kalimantan, tepatnya daerah Kalimantan Timur. Kalimantan Timur terkenal dengan keindahan wisata alamnya yang eksotis. Berbagai jenis wisata alam ada di daerah ini, mulai dari pantai, sungai, danau, gua, hingga pulau-pulau eksotis juga ada di provinsi dengan ibukota Samarinda ini.

Salah satu destinasi yang cukup populer di daerah ini adalah Sungai Mahakam. Ini merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Kalimantan Timur. Saat ini wisatawan bisa menyusuri Sungai Mahakam dengan menggunakan kapal wisata yang disediakan pemerintah Kalimantan Timur.

Keindahan alam Kalimantan Timur tidak hanya dikenal oleh wisatawan lokal, tapi juga wisatawan dari luar negeri. Buat kamu yang tertarik mencoba menjelajah wisata yang ada di Kalimantan Timur, berikut ini beberapa rekomendasinya:

Wisata Kalimantan Timur

1. Pulau Derawan

Pulau Derawan merupakan destinasi wisata alam paling populer di Kalimantan Timur. Kepopulerannya bahkan sudah tercium hingga ke mancanegara. Cukup banyak pelancong dari luar negeri yang menghabiskan waktu liburan mereka di tempat ini.

Objek wisata ini memiliki daya tarik yang tidak dimiliki oleh tempat wisata kebanyakan. Di sini kamu akan menemui banyak ikan-ikan karang, padang lamun yang subur, dan hutan mangrove. Selain itu, destinasi ini juga sangat terkenal dengan terumbu karang yang indah.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan di tempat ini, diantaranya diving, snorkeling, surfing, dan jalan-jalan di pinggir pantai. Air lautnya yang jernih akan memudahkan kamu untuk melihat keindahan panorama bawah laut di Pulau Derawan.

2. Danau Kakaban

Destinasi yang satu ini masih bagian dari Pulau Terawan. Jadi, saat kamu liburan ke Pulau Terawan, jangan sampai lupa untuk main ke Danau Kakaban. Objek wisata ini juga sangat populer di Kalimantan Timur.

Aktivitas favorit yang sering dilakukan wisatawan di tempat ini adalah berenang. Berenang di Pulau Kakaban akan ditemani langsung oleh ribuan ubur-ubur langka.

Terdapat beberapa jenis ubur-ubur langka di sini. Ubur-ubur tersebut sama sekali tidak mengeluarkan sengat. Selain ubur-ubur, di danau ini juga banyak terdapat ikan-ikan kecil.

3. Pulau Sangalaki

Satu lagi pulau di Kalimantan Timur yang wajib kamu datangi adalah Pulau Sangalaki. Pulau ini mempunyai pantai dengan pasir putih yang lembut. Kamu bisa jalan di sepanjang pantai tersebut sambil menikmati keindahan alunan ombak di pulau ini.

Tidak hanya itu, pemandangan bawah laut di Pulau Sangalaki juga tidak kalah menarik. Kamu akan terkagum-kagum dengan keindahannya.

Untuk melihat keindahan bawah laut, kamu bisa melakukan penyelaman di beberapa titik, seperti spot Manta Run, Sherwood Forest, Manta Parade, Manta Avenue, Ridge, Light House, The Rockies, Channel Entrance, Coral Gardens, serta Town dan Sandy Ridge.

Di pulau ini banyak terdapat penyu. Kamu bisa belajar banyak hal tentang binatang yang satu ini. Kamu juga bisa melihat bagaimana mereka berkembang biak dan melepaskan anak penyu ke laut lepas.

4. Wisata Alam Batu Dinding

Selain wisata pulau, pantai, dan sungai, Kalimantan Timur juga memiliki wisata perbukitan yang unik. Salah satu yang cukup terkenal adalah wisata alam Batu Dinding. Destinasi ini berlokasi di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Untuk sampai ke lokasi, kamu harus menyusuri jalan setapak yang dikelilingi oleh perkebunan jeruk sunkist, buah naga, dan pohon karet. Saat tiba di tempat tujuan, kamu akan melihat suasana perbukitan yang megah.

Keindahan alamnya yang eksotis membuat orang tidak ragu untuk datang ke tempat ini, meskipun harus melewati jalan setapak.

5. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin berlokasi di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Destinasi ini juga menawarkan keindahan alam yang memukau.

Dinamakan Danau Labuan Cermin karena air yang terdapat di danau ini sangat jernih. Saking jernihnya, air danau tersebut terlihat layaknya cermin. Hal inilah yang membuat Danau Labuan Cermin banyak didatangi oleh wisatawan.

Tempat ini juga memiliki banyak spot menarik untuk berfoto. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mengabadikan momen terbaikmu.

6. Pulau Maratua

Pulau Maratua juga merupakan bagian dari Pulau Derawan. Pulau yang terletak di perbatasan perairan Indonesia dan Malaysia ini memiliki pemandangan bawah laut yang sangat memukau. Bahkan banyak yang bilang bahwa ini merupakan surga bawah laut untuk para penyelam.

Di pulau ini kamu akan melihat terumbu karang yang indah, ikan-ikan langka, dan berbagai biota laut lainnya yang mungkin tidak kamu temukan di tempat lain. Menariknya, sesaat sebelum senja datang, ikan-ikan tersebut menampakkan dirinya di bawah dermaga.

7. Gua Haji Mangku

Wisata alam yang satu ini berada di Pulau Maratua. Sejatinya destinasi ini bukanlah gua seperti yang kamu tahu, melainkan ini adalah danau. Dinamakan gua karena pintu masuknya mirip dengan pintu gua.

Salah satu daya tarik objek wisata ini adalah airnya berwarna tosca muda. Keindahan air danau ini seolah mengajak para pengunjung untuk berenang.

8. Telaga Biru Tulung Ni’ Lenggo

Destinasi populer selanjutnya ialah Telaga Biru Tulung Ni’ Lenggo. Telaga ini menawarkan pesona alam yang begitu indah. Airnya yang jernih mampu membuat wisatawan untuk berlama di tempat ini.

Suasana alam yang tenang dan asri di sekitar telaga dapat memberikanmu ketenangan dan kedamaian. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melepas stress dari kesibukan sehari-hari. Destinasi ini berlokasi di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

9. Wisata Bukit Bingkirai

Wisata alam yang satu ini merupakan hutan hujan tropis alami dengan segala pesona alamnya. Destinasi ini memiliki luas sekitar 1.500 hektar.

Ketika berkunjung ke tempat ini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hijau yang menyejukkan mata. Di tempat ini terdapat maskot Kalimantan Timur, yakni Pohon Bangkirai yang sudah berusia lebih dari 150 tahun, buah-buahan tropis, dan anggrek hutan liar.

Di kawasan wisata ini dibangun sebuah jembatan kanopi yang diberi nama Jembatan Tajuk. Tinggi jembatan ini sekitar 30 meter dengan panjang sekitar 64 meter. Kamu bisa melintasi jembatan ini sambil melihat gugusan pohon dan pemandangan yang indah.

10. Danau Jempang

Danau Jempang berlokasi di Kutai Barat dan membentang di sepanjang alur Sungai Mahakam. Danau ini merupakan danau terbesar dari 76 danau yang ada di area tersebut. Kedalamannya sekitar 7 sampai 8 meter.

Satu hal yang menjadi yang menarik dari destinasi ini adalah setiap 5 tahun sekali danau akan kering tanpa setetes air pun.Demikian beberapa destinasi wisata populer yang ada di Kalimantan Timur. Sangat beragam, eksotis, dan tawarkan panorama alam yang mempesona. Kira-kira itulah gambaran wisata alam yang ada di provinsi paling timur Pulau Kalimantan tersebut. Selain rekomendasi di atas, masih banyak lagi pilihan wisata alam yang ada di Kalimantan Timur, diantaranya Taman Rekreasi Lembah Hijau, Gua Losan, Liang Mangkulangit, Jantur Inar, dan Pantai Melawai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top